Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat konten berkualitas dan bagaimana dunia SEO terus-menerus berubah. Kita juga akan belajar mengubah situs web Anda agar menghasilkan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik.
Tema besar dalam postingan ini memang
tentang pengalaman pengguna yaitu pembaca situs web Anda. Namun, bukan
itu saja. Kita juga akan membahas beberapa fakta seputar SEO. Well,
sudah terlalu lama SEO kerap dianggap sebagai cara memanipulasi mesin
pencari. Padahal seperti kita tahu, situs web sendiri sudah mengalami
perkembangan. Bersamaan dengan itu, ekspektasi orang-orang terhadap
mesin pencari pun ikut mengalami perkembangan. Mereka, para pengguna,
mulai mengharapkan hasil yang akurat ketika melakukan pencarian di
Internet.
So, seperti apakah konten yang berkualitas itu? Berikut poin-poinnya:
- Konten yang Unik
Disadari atau tidak, ketika seseorang
melakukan pencarian, sebetulnya ada motivasi atau maksud tertentu di
baliknya. Maka tugas kitalah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kita harus
membuat konten unik, konten yang berbeda dari seluruh web yang ada di
dunia.
Membuat konten unik tidak semudah
mengambil informasi dari situs lain atau dari Wikipedia dan
menuliskannya begitu saja. Mesin pencari sudah sedemikian cepat dan
cerdas. Konten yang ditiru begitu saja dari situs lain hanya akan
dianggap sebagai kutipan dari laman aslinya. Pernahkah Anda menyadari
mengapa akhir-akhir ini Wikipedia kerap muncul di halaman pertama hasil
pencarian? Itu karena saking banyaknya konten yang diambil begitu saja
dari Wikipedia membuat Google berpikir bahwa Wikipedialah yang memiliki
kewenangan atas konten aslinya dan pantas berada di halaman pertama
pencarian.
Inilah yang sering kali menjadi tantangan
bagi kita ketika membuat konten yang betul-betul unik: konten yang
simpel dan lebih baik dari yang ada di Wikipedia.
- Situs Web yang “Bersih”
Hari ini, SEO menuntut kita untuk
berpikir lebih maju. Kita tidak bisa begitu saja mengambil atau meniru
konten dari orang lain. Itu sebabnya mengapa konten kita harus bersih
dari segala bentuk plagiasi atau terlalu banyak duplikasi. Selain
konten, kita juga harus memeriksa kembali setiap kode, HTML/CMS, dan tag
di situs web dengan benar. Kita harus menemukan ciri khas dari konten,
produk, dan bisnis kita agar benar-benar unik.
Mesin pencari sudah milyaran kali
memerangi segala omong kosong tentang trik dan taktik. Yang jelas,
mereka sudah semakin cerdas dan akan semakin bijaksana pada tahun-tahun
mendatang. Maka, tugas kitalah untuk bekerja sama dengan mereka dengan
cara membuat konten berkualitas, bersih, dan situs web yang user friendly.
- Mudah Digunakan/User Friendly
Situs web kita harus bisa diakses oleh
pembaca kapanpun, di mana pun, dan dengan cara apa pun. Jika kita ingin
bisnis atau situs web kita memikat pembaca, maka kita harus menunjukkan
bahwa kitalah yang terbaik. Kita bisa memenuhi semua ekspektasi mereka
dengan cara membuat konten yang berkualitas, unik, dan asli. Karena SEO
mempertimbangkan berbagai macam penilaian, maka yang dimaksud dengan
konten unik bisa berupa teks, gambar, video, atau konten di media sosial.
- Memikat Pembaca
Untuk bisa memikat pembaca, buatlah
konten yang membuat pembaca merasa terlibat, membuat mereka merasa
menjadi bagian dari konten yang kita tulis. Tidak ada yang namanya,
“Hei, kamilah yang terbaik. Jadi, silakan isi formulir kontak dan kami
akan mengubungi Anda.”
Internet telah menjadi semacam kebutuhan
kedua umat manusia. Para pengguna Internet sudah semakin cerdas dan
hafal betul dengan teknik lama. Orang-orang mengharapkan jawaban terbaik
dari Google search. Karena itulah mengapa Google berusaha memberikan
jawaban terbaik dalam setiap pencarian.
- Kerja Keras
Ketika Anda membaca ini, membuat konten
unik dan SEO memang terdengar sederhana. Namun, pada praktiknya, tetap
saja memerlukan sebuah kerja keras. Itu yang menyebabkan orang-orang
menjauh dari SEO dan lebih suka menggunakan jasa orang lain untuk
berurusan dengan SEO.
- Lakukan dengan Benar
Berurusan dengan algoritma mesin pencari
adalah sebuah kerja keras. Mencari trik dan taktik terbaru adalah
pekerjaan yang lebih sulit lagi.
Namun jangan dulu berkecil hati, jika
kita melakukan ini dengan benar sejak semula, kita tidak perlu melakukan
banyak perbaikan. Atau jika kita telah melakukan perbaikan, mulailah
lagi dengan benar.
- Natural
Ketika membangun sebuah laman atau situs
web, atau ketika mengembangkan situs yang sudah ada, buatlah senatural
mungkin. Hal yang sama juga berlaku untuk konten dan hal-hal lain di luar itu.
Coba pikirkan bagaimana jika seseorang
(atau mesin pencari) menemukan situs web Anda berubah secara drastis
dari sebelumnya. Tiba-tiba, situs web Anda yang tadinya biasa-biasa saja
jadi memiliki banyak konten, video, dan secara ajaib memiliki ratusan
ribu atau jutaan follower di media sosial.
Kemungkinan, orang-orang (atau mesin
pencari) akan merasa terkejut. Perubahan situs web Anda yang tampak
tidak alami itu akan menyebabkan mereka tidak percaya lagi dan
mengibarkan “bendera merah”. Bukan tidak mungkin mereka tidak akan lagi mengunjungi situs web Anda.
- Sistematis dan Terorganisasi
Agar terlihat natural, lakukan segala
sesuatunya secara sistematis dan terorganisasi. Dengan begini, para
pembaca dan mesin pencari akan menganggap bahwa situs web Anda
dioperasikan oleh orang betulan dan melakukan teknik SEO betulan, bukan
dioperasikan oleh robot atau mesin.
Hasilnya, situs web Anda akan mendapatkan
kepercayaan dari pembaca dan diberi “imbalan” berupa peringkat yang
lebih baik oleh mesin pencari.
- Jangan Percaya Mitos
Kami yakin bahwa Anda sudah pernah
mendengar dan membaca ribuan hal tentang SEO. SEO tidak bisa dilakukan
atau diperbaiki hanya dalam waktu satu malam. Tidak ada satu orang pun
ahli atau agensi di luar sana yang bisa begitu saja mengayunkan tongkat
dan menangani seluruh masalah Google dan mesin pencari dalam sekejap
mata. Bahkan, orang paling ahli di bidang SEO pun harus melakukan teknik
yang sama dan bertahap berkenaan dengan SEO dan konten.
Jangan sampai rela dibodohi oleh mereka
yang mengatakan bahwa mereka mampu membuat situs web Anda berada di
halaman pertama mesin pencari dalam waktu singkat. Juga jangan percaya
kepada mereka yang mengatakan mampu membuat konten istimewa yang tidak
bisa dibuat oleh orang lain.
- Do it by Yourself
SEO bukan hanya tentang metode untuk
menempatkan situs web Anda di halaman pertama pencarian. SEO adalah
sebuah petualangan. SEO adalah seni sekaligus ilmu. Sekarang, SEO bahkan
bisa dibilang ilmu tentang psikologi. Itu sebabnya mengapa kami
menyarankan agar Anda melakukan “petualangan” ini sendiri, tidak hanya
menyerahkannya kepada orang lain.
Ya, Andalah yang menentukan “takdir” situs web Anda di dunia online, tapi jangan lupa untuk tetap mengikuti aturan. Aturan-aturan yang kita bahas sebelum ini, tentang konten berkualitas, tentang user friendly,
dan lain-lain, sebetulnya tidak pernah berubah sejak dulu. Ketika Anda
memutuskan untuk mempercepat SEO dengan teknik-teknik yang tidak
natural, situs web Andalah yang akan menanggung konsekuensinya.
Sebaliknya, jika Anda tetap mengikuti aturan dan fokus kepada kemudahan
pengguna atau pembaca, maka situs web yang Anda kelola akan mendapatkan
imbalan yang sepadan.
*
Terlepas dari poin-poin yang kita bahas
di atas, kami ingin mengingatkan Anda bahwa postingan ini bukan tentang
segalanya. Kami tetap merekomendasikan agar Anda membaca banyak buku,
menonton video tutorial Google Analytics demi meningkatkan SEO dari Traveloka,
dan mencoba hal-hal baru dengan situs web Anda. Hadirilah kursus,
training, seminar, atau bergabung dengan forum-forum yang membahas SEO
agar pengetahuan Anda terus bertambah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar